Posted by: miehijauperto | March 27, 2012

Mindset

Setelah pelatihan saya masih menyediakan konsultasi untuk rekan2 yang mau buka usaha mie ayam,ada beberapa perbedaan yang sangat
menyolok dari beberapa teman yang sudah mulai buka usaha mie ayam hijau.Untuk memudahkanya saya sebutkan namanya teman A dan Teman B

Teman A. “Pak,berapa harga mie ayam yang harus saya jual..?”
Jawab saya : Minimal 8Rb
Teman A : ” Waduh pak,disini ada juga mie ayam Rp.4000,-,saya mau jual sama dengan yang ada pak,takut tidak laku
Jawab saya : ” oh itu terserah bapak,karena kita sifatnya hanya saran saja,karena yang punya modal dan pemilik usaha khan bapak

sebulan kemudian..

Ada informasi dari teman A,saya rencana mau menaikan harga pak,karena setelah dihitung dengan bahan yang kita gunakan hasilnya minus.

Jawab saya : ????????????

Teman B :”pak Berapa harga mie ayam yang harus saya jual..?”
Jawab saya :” Minimal Rp.8000,-
Teman B : “Caranya Bagaimana Pak..,”

Jawab saya : Tempatnya harus selalu bersih
gunakan mangkok yang beda dari yang umumnya
Tidak boleh juala sambil merokok
Tidak boleh sambil garuk2 ,lalu pegang mie ayam
Tidak boleh menggunakan 1 ember untuk cuci semua mangkok,harus banyak air atau air mengalir
cepat bersihkan meja,jika pelanggan sdh selesai dan sdh pergi
siapkan selalu uang receh/uang kembalian
ucapkkan terima kasih,kepada pelanggan saat pelanggan meninggalkan tempat
buat aneka menu dengan harga yang berbeda sesuai kelebihannya
dst

Sebulan kemudian

Info dari teman B
“pak,alhamdulillah pelanggan sudah mulai banyak,apalagi dengan adanya menu yang beda dibandingkan saat pembukaan,
saya akan tetap mempertahankan mutu dan pelayanan serta kebersihan”

Jawab saya:” Ikut senang bu,karena ibu berani memulai,sekarang tinggal memperbaiki ,hal2 yang kurang,baik pelayanan,kebersihan ,
mutu dll harus benar benar di jaga kepada pelanggan,semoga sukses ya bu”

Diambil dari pantauan peserta pelatihan yang sdh buka usaha

salam semangat


Leave a Reply

Categories

